Rakerda Bangga Kencana BKKBN Sulsel,Dinas P2KBP3A Kabupaten Pinrang Mendapatkan Penghargaan

Kadis P2KBP3A Kabupaten Pinrang dr.H.Ramli Yunus,M.Kes (raih penghargaan)

Japiknews.com – Makassar – Acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2024, bertempat di Hotel Swiss Belinn, Jl. Boulevard, Kota Makassar. Rabu, (27/03/2024).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan,Shodiqinmenjelaskan prevalensi stunting setiap tahun cenderung fluktuatif di Indonesia, meningkat pada periode 2007-2013.

Hasil SSGI terakhir menunjukkan angka prevalensi stunting di Indonesia menunjukkan angka 21,6 persen dengan disparitas lebar antar provinsi.

Data prevalensi stunting di Sulsel berdasarkan hasil SSGBI tahun 2019 sebesar 30.59 persen, atau mengalami penurunan pada tahun 2021 sebesar 3,19 persen menjadi 27,4 persen. Shodiqin menyebut, angka ini masih di atas rata-rata nasional.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sulsel yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan, Malik Faisal di kegiatan yang sama menambahkan, Rakerda Bangga Kencana BKKBN Sulsel bertujuan merumuskan strategi pencegahan dan penurunan angka stunting.Menurut Malik, Pemprov Sulsel berharap pada tahun 2025 penurunan angka stunting harus signifikan.“2025 harus turun drastis, olehnya melalui kesempatan ini kita membangun sinergitas dan evaluasi,” ucap Malik Faisal.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel, Shodiqin (paling kiri) di Rakerda Bangga Kencana di Swiss-Belinn Panakkukang Makassar, Rabu
Artikel ini telah tayang di Idntimes.com dengan judul “Rakerda Bangga Kencana BKKBN Sulsel: Stunting Harus Turun Signifikan”.

Kegiatan tersebut diikuti Kepala Bappeda Kabupaten/Kota se-Sulsel, Kepala OPD Dalduk KB kabupaten/kota, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten/kota, dan berbagai mitra kerja provinsi.

Pada kegiatan ini diberikan juga beberapa penghargaan kepada kabupaten/kota yang mendapatkan capaian pelayanan terbaik dan juga capaian realisasi terbaik tahun 2023

Dinas p2kbp3a Kabupaten Pinrang dr.H.Ramli Yunus,M.Kes juga pada kesempatan ini mendapatkan penghargaan berupa Capaian realisasi terbaik ke-3 dari pengelolaan dana bokb tahun 2023.

Pada Rakerda BKKBN Sulsel ini, juga dipaparkan materi terkait Kebijakan dan Strategi Pelaksanaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024, dan Akselerasi Percepatan Penurunan Stunting di Sulsel.Kemudian materi Indikator Strategis Kependudukan di Sulsel, serta Optimaliasi Bonus Demografi dalam mewujudkan Generasi Emas 2045,Ujar Dokter Ramli.

(Laporan : A.M Yusuf Syam)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *