Gerakan Pemuda Tani (Gempita Indonesia) Lahir Ingin Gerakan Pemuda Jaga Ketahanan Negara Melalui Pertanian

Jakarta – Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) disebut lahir sebagai bentuk kepedulian Kementerian Pertanian mewujudkan swasembada pangan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Tujuannya ingin menggerakan pemuda agar ikut terlibat menjaga ketahanan negara melalui pertanian dengan mewujudkan ketahanan pangan.

Bacaan Lainnya

“Gempita lahir merupakan bagian rasa peduli Menteri Pertanian yang secara serius dapat tugas dari Presiden untuk swasembada pangan.

Melalui gerakan tersebut diharapkan generasi muda tidak menghabiskan waktu hanya untuk hal kurang bermanfaat. Pemuda diajak ikut bersama-sama pemerintah memanfaatkan lahan tidur untuk mengembangan pertanian.

Kementerian ingin lahan tidur tersebut menjadi produktif dan menghasilkan berbagai komoditi pertanian. Karenanya mengajak pemuda untuk menggarap lahan pertanian tersebut berbarengan dengan pemerintah melaksanakan program upaya khusus swasembada pangan padi jagung.

“Jika sektor pertanian bisa dikembangkan jadi usaha menjanjikan. Makanya perlu dirangsang agar pemuda melihat petani menjadi sektor menjanjikan dengan keuntungan besar.

Sementara Kornas Gempita Pusat Ir.Yasir Kaisuku menyebut kehadiran Gempita untuk menjaga warisan sejarah dan nenek moyang yang belum bisa dinikmati generasi sekarang dalam hal membangun pertanian, agar menjadi sumber pencarian semua pihak.

“Tanah menjadi modal utama untuk bersaing. Nenek moyang kita dulu dicukupkan dengan tanah yang luar biasa didukung air dan matahari cukup. Tinggal bagaimana ke depan tanah menjadi modal untuk bangkit dan sejahtera,” sebutnya.

Nantinya keberhasilan tersebut yang perlu dikabarkan kepada semua pihak bahwa dengan modal tanah sudah cukup untuk mandiri secara ekonomi. Dengan 10 hektare misalnya bisa menghadirlan potensi ekonomi luar biasa dan tidak berujung.

“Gerakan pemuda tani ingin jadi bagian itu. Ingin membuktikan tanah di indonesia layak wujudkan swasembada pangan demi menuju Indonesia emas 2045.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *