Rembuk Pemuda Tani Di Kabupaten Maros Di hadiri Kornas Gempita Indonesia & Di Buka Oleh Bupati Maros

Japiknews.comMaros -Koordinator Nasional Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Kornas Gempita) bersama Gempita Kabupaten Maros telah melangsungkan kegiatan rembuk pemuda tani yang dihadiri oleh Bupati Kabupaten Maros.

Dr. Ir. Indah Megawati, MP Direktur Pembiayaan Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Maros, Perwakilan Bank BRI kabupaten Maros dan para petani di Aula Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros Sulawesi – Selatan, Pada Jum’at (12/1).

Direktur Pembiayaan Pertanian Kementrian Pertanian, Dr. Ir. Indah Megahwati, M.P menjelaskan, fokus utama Kementerian Pertanian saat ini pada peningkatan produksi jagung dan padi untuk menjaga swasembada pangan.


Koordinator Nasional GEMPITA, Ir. Yasir Kaisuku menjelaskan, dua hal yang menjadi priorotas pihaknya yakni pertama membantu pemerintah melakukan percepatan tanam sebagai langkah utama dalam swasembada pangan. Ke dua, optimalisasi lahan yakni tak ada lagi lahan yang tidur, tetapi semuanya harus dikerjakan dengan mekanisasi.

“Kalau kita berbicara swasembada pangan, yah semua komponen pendukung itu harus dipergunakan dengan baik,” katanya.

Kordinator Nasional Gempita tetap berkordinasi serta meminta arahan kepada Ketua Dewan Pengarah Gempita Indonesia Andi Amar Maruf Sulaiman dalam hal ini tetap bagaimana terus membangkitkan semangat bertani para pemuda disulawesi selatan dan Khususnya dikabupaten Maros ujar Yasir

“Kita sudah bisa pakai traktor, malah traktor sudah bisa pakai remot kontrol. Memupuknya juga sudah bisa pakai drone yang 1 drone kita itu sekali terbang bisa menampung 19 liter air,” katanya.

Tantangannya dalam pertanian modern lahan harus luas sehingga lahan tidur harus dioptimalkan. Target dalam 3 tahun ke depan, Indonesia sudah swasembada pangan. Hal ini untuk mengantisipasi ketika memasuki fase perang pangan, Indonesia sudah siap.

Bupati Kabupaten Maros, Chaidir Syam menyampaikan bahwa kehadiran Gempita yang melakukan Rembuk Pemuda Tani hari ini, adalah untuk memperkuat petani dan membantu petani kita semua. Serta kehadiran ibu indah ini menjadi berkah bagi seluruh petani, sebab sangat sulit menghadirkan ibu ini, tetapi dia hadir disini bersama kita, maka saya berharap seluruh petani-petani yang mendapat bantuan hari ini, bisa memanfaatkan untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan bagi para petani.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *