Direktur Tanaman Semusim Dan Tahunan Kementan Apresiasi Pembentukan KUB Gempita komoditas Teh dan Kopi

Japiknews.com – Koordinator Nasional Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Kornas Gempita) melaksanakan pertemuan bersama Direktur Tanaman Semusim dan Tahunan Ditjenbun Kementarian Pertanian, Muhammad Rizal Ismail, SP., MSi. Dalam rangka menjalin kolaborasi untuk peningkatan produksi dan hilirisasi komoditas teh dan kopi di Indonesia.

Ketua Umum Kornas Gempita Ir. M Yasir Kaisuku mengatakan bahwa kunjungan tersebut yakni memperkuat strategi pengembangan hilirisasi kopi dan teh sebagai wujud untuk mengembalikan kejayaannya.

Kami sebagai petani muda sangat mendukung produktivitas komoditi kopi guna memperkuat posisi di pasar, melalui berbagai strategi seperti program KUB Gempita kopi dan teh”, ujar Yasir Kaisuku kepada awak media, pada Senin, (26/02).

Lanjutnya, saat ini bahwa Gempita sudah resmi dikukuhkan sebagai anggota Dewan Teh Indonesia (DTI) serta sudah membangun KUB “Gempita Rasa” sebanyak 200 booth dengan dikelola secara mandiri.

Kopi merupakan salah satu komoditi hasil perkebunan mempunyai peran cukup penting dalam kegiatan perekonomian di Indonesia. Kopi juga salah satu komoditas ekspor Indonesia yang cukup penting sebagai penghasil devisa negara selain. Selain itu peluang ekspor yang semakin terbuka, pasar kopi di dalam negeri juga masih cukup besar.

“Kolaborasi ini pada intinya pak Direktur Tanaman Semusim dan Tahunan Ditjenbun Kementan sangat apresiasi dan mendukung keterlibatan petani muda lewat KUB yang telah ada selanjutnya langkah dan strategi ini direalisasikan dengan membantu saprodi untuk komoditas teh dan kopi berupa bibit dan pupuk, gudang serta alat mesin pasca panen kopi dengan target dapat melahirkan konglongmerat muda”, tutup Yasir. *

(Laporan : Muhammad Yusuf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *