Yayasan Kanker Indonesia Cabang Sul-Sel Berikan Layanan Rapid Tes Antigen Gratis

  • Whatsapp
Ketua YKI Sul Sel

Japiknews.com _ Makassar -Yayasan Kanker Indonesia( YKI)  Cabang Sulsel, Memberikan Layanan rapid test antigen gratis ini berlokasi di KantorJalan Lanto Daeng Pasewang, atau di samping Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dadi Makassar.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti rapid antigen gratis ini cukup dengan melakukan registrasi melalui laman https://covid19.sulselprov.go.id/rapidgratis.

Sementara Ketua YKI Cabang Sulsel Lies F Nurdin mengaku sangat mendukung upaya Satgas Covid-19 Sulsel dalam menekan kasus penularan yang saat ini mengalami peningkatan.

Rapid test antigen ini memang unik. Berbeda dengan rapid test pada umumnya yang mendeteksi antibodi atau jejak respons imun, jenis tes ini mendeteksi antigen yang merupakan protein yang disandi oleh genetik virusnya sendiri. Karenanya, hasilnya lebih mirip tes PCR. Pengambilan sampelnya pun mirip PCR, yakni menggunakan swab hidung atau tenggorokan.

“Tes antigen itu kan langsung virusnya yang dicari. Jadi lebih tepat positif atau negatif. Sama seperti PCR, kalau PCR kan deteksi materi genetik si virus jadi bukan bayangannya (antibodi),” jelas Direktur Japik Indonesia dr.Sulfian Syam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *