Tokoh Muda Sijunjung, Yose Rizal Zaltra : Seorang Wali Nagari Jangan Arogan !!

Yose Rizal Zaltra.

SIJUNJUNG, JAPIKNEWS.COM – Wali Nagari jangan arogan. Selain harus amanah, seorang pemimpin Nagari tidak bisa bersikap arogan dengan kekuasaan yang ia miliki, pemimpin adalah pelayan bagi rakyat.

Hal tersebut disampaikan tokoh muda sijunjung Yose Rizal ketika berbincang dengan media minangtime.com jejaring japiknews.com, Senin (09/05/2022).

Menurut Yose Rizal, wali nagari sebagai pemimpin dilevel nagari harus bisa menghadirkan diri ke tengah-tengah rakyatnya.

“Ketika seorang pemimpin jauh dari rakyatnya, maka ia tidak pernah mengetahui yang sesungguhnya akan kebutuhan masyarakat dan kondisi wilayahnya,” ujar Yose yang juga Wakil Ketua Ansor Kabupaten Sijunjung.

Yose menjelaskan, kewenangan Bupati terhadap pengangkatan dan pemberhentian wali nagari, wali nagari merupakan kepala pemerintahan nagari yang memimpin penyelenggaraan pemerintahan nagari, sebagai perpanjangan tangan negara yang dekat dengan masyarakat juga sebagai pemimpin masyarakat.

“Dalam regulasi disebutkan, Wali nagari terpilih disahkan pengangkatannya dengan Keputusan Bupati, setelah adanya laporan dari (BPN) Badan Permusyawaratan nagari yang diserahkan melalui Camat,” ujarnya.

Terkait dengan pengangkatan dan pemberhentian Wali nagari, lanjut Yose, sudah ada Permendagri No 82 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Wali nagari.

“Peraturan ini cukup jelas mengatur tentang tatacara pengangkatan dan pemberhentian wali nagari, jadi tidak ada wali nagari yang kebal hukum apalagi tidak bisa diberhentikan,” pungkasnya. (Zaki)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.