Sudah 300 Tenaga Medis Di Sidoarjo Positif Covid 19

  • Whatsapp

Japiknews.com – Sidoarjo – Sejak kasus Covid-19 ditemukan di Indonesia, tercatat ada 300 tenaga medis di Sidoarjo, Jawa Timur yang positif terpapar virus corona. Dari ratusan tenaga medis yang terinfeksi, 18 orang masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit, sedangkan 5 orang meninggal dunia. “Sudah ada 5 yang meninggal, 2 perawat, 2 dokter, 1 bidan. Yang masih dirawat 18 orang. Totalnya semua untuk puskesmas dan seluruh rumah sakit swasta hampir 300-an,” kata Syaf Satriawan, Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, dikutip dari Kompas TV, Sabtu (11/7/2020).

Untuk mengantisipasi kurangnya tenaga medis, pihak Dinas Kesehatan Sidoarjo akan merotasi 50 tenaga kesehatan yang kini tengah bertugas di dua rumah sakit darurat.

Mengutip http://infocovid19.jatimprov.go.id, hingga Jumat (10/7/2020), ada 2.299 kasus positif di Sidoarjo, 507 pasien sembuh, dan 138 meninggal. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr Syaf Satriawarman tak menampik bahwa jumlah kasus positif di daerahnya terus mengalami peningkatan.

Penambahan kasus itu terjadi karena Pemkab Sidoarjo gencar melakukan pemeriksaan atau rapid test dan tes swab yang dilakukan secara masif. Meski demikian, ia mengakui masih ditemukan warga yang mengabaikan anjuran pemerintah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Warga yang tidak patuh protokol kesehatan itu disebut memberi kontribusi terhadap penambahan kasus Covid-19 di Kota Udang. “Angka pertambahan confirm masih terus berlanjut karena pemeriksaan atau tes masif masih berjalan. Di sisi lain, faktor physical distancing masih jadi kendala di Sidoarjo.

Ia menyebut, angka pertambahan kasus positif Covid-19 di Sidoarjo diprediksi akan terus bertambah, karena sampai saat ini belum mencapai titik puncak. Salah satu langkah yang dilakukan Pemkab Sidoarjo untuk menekan angka kasus Covid-19 adalah dengan mendirikan kampung tangguh di desa-desa. Dengan adanya kampung tangguh, penyebaran Covid-19 diharapkan bisa tereduksi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *