Studi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia 40 Persen Anak Terkonfirmasi Covid 19 Meninggal

  • Whatsapp

Japiknews.com Jakarta – Dengan latar belakang belum ada data pasti yang merepresentasikan gambaran kasus COVID-19 pada kelompok usia anak di Indonesia. Tim peneliti FKUI telah melakukan penelitian pendahuluan dengan menganalisis pasien anak di RSCM selama periode Maret 2020 s/d Oktober 2020 yang berkaitan dengan COVID-19.

Hasilnya selama periode studi, 490 pasien anak masuk rumah sakit (RSCM) dengan status suspek dan probable COVID-19 sesuai dengan kriteria penelitian. Dari jumlah tersebut, 50 pasien (10.2”6) terkonfirmasi COVID-19 berdasar hasil rt-PCR. Dan 20 pasien (404) dalam kelompok ini mengalami kematian dengan detail diskripsi tercantum dalam studi.

Kesimpulan penelitian ini menangkap gambaran tingginya proporsi kasus kematian pada pasien anak dengan diagnosis COVID-19 berdasarkan pemeriksaan rt-PCR.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan perlunya studi lanjut yang mendalam untuk lebih bisa memahami mekanisme tingginya kasus kematian akibat COVID-19 terhadap anak di Indonesia. Juga diperlukan studi dengan sampel yang lebih besar di faskes rujukan lain se-Indonesia sehingga bisa memberi gambaran yang lebih jelas dan lebih menggambarkan kondisi nyata mengenai hal tersebut.

Apresiasi yang besar untuk tim peneliti yang sudah membungkus dan menganalisis data dari artikel ilmiah diatas dan semoga kita semua bisa saling bahu membahu lebih memahami pandemi COVID-19, bertahan, dan bisa menyelamatkan semua orang khususnya anak-anak Indonesia.ucap dokter Beni Satria dari masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia

sumber : link jurnal: https://doi.org/10.1016jj.ijid.2021

Laporan (muhammad Yusuf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *