Pandangan Generasi Muda Terhadap Sosok Andi Amran Sulaiman Salah Satu Tokoh Nasional

Makassar – Nama mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman muncul menjadi salah satu tokoh dalam bursa bakal calon wakil presien di Pemilu 2024. Dari sejumlah survei, nama Amran Sulaiman muncul bersama sejumlah kepala daerah seperti Ridwan Kamil, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Dosen sekaligus pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai, mencuatnya nama Amran yang diduetkan dengan tokoh-tokoh lain dalam Pilpres 2024 tidak mengherankan.

Bacaan Lainnya

Figur Andi Amran Sulaiman memang sangat kuat di Indonesia Timur. Setelah JK, dia satu-satunya tokoh dari timur yang melejit,” kata Hendri Satrio.

Menurut dia, kekuatan elektoral pada Pilpres 2024 harus mengakomodir figur dari Indonesia Timur, seperti pada Pilpres 2004, di mana pasangan SBY-JK mengalahkan pasangan Megawati-Hasyim Muzadi dan pada Pilpres 2014, pasangan Jokowi-JK mengalahkan pasangan Prabowo-Hatta.

JK saat itu satu-satunya tokoh Indonesia Timur yang menjadi electoral booster bagi SBY pada periode pertama ketika menantang petahana Megawati (Pipres 2004), dan juga Jokowi pada periode awalnya saat head to head dengan Prabowo-Hatta (Pilpres 2014),” ujar Hendri.

Lebih lanjut, Hendri mengatakan, jika ada capres yang kuat di wilayah Indonesia Barat (atau Pulau Jawa), menggandeng Amran, maka dia memprediksi akan menjadi paket yang kuat pada Pilpres 2024, seperti ketika SBY-JK dan Jokowi-JK memenangkan Pilpres.

“Amran kuat di Indonesia Timur maka memang sebaiknya berpasangan dengan tokoh yang juga kuat di wilayah Indonesia Barat,” ujar Hendri.

RAAS INDONESIA (Dadank Riyadha,Yasir,Sofyan, Takdir,Menix,Sulfian) 

Sementara itu, Direktur Eksekutif Suara Nasionalis Indonesia (SNI), Suanto Buang, senada dengan pengamat Universitas Paramadina, Hendri Satrio. Suanto juga menilai geopolitik, Pulau Jawa- Indonesia Timur pada Pilpres 2024, tidak bisa dinafikan.

Saat ini, Gubernur Jawa Tengah, Gandjar Pranowo, mendulang popularitas dan elektabilitas yang tinggi di Pulau Jawa karena prestasinya sebagai kepala daerah dianggap berhasil.

“Kalau Ganjar berpasangan dengan AAS (Amran Sulaiman), maka ini menjadi paket yang kuat dan mencerminkan geopolitik yang ideal, sama ketika SBY-JK pada Pilpres 2024,,” kata Suanto, dikutip dari keterangannya

Dia menilai, secara geopolitik, Ganjar-AAS saling melengkapi. Ganjar tokoh dari Jawa dan AAS tokoh dari Indonesia Timur yang sama-sama berprestasi.

Pasca menjadi salah satu narasumber di seminar nasional Kahmi sulsel dalam kegiatan musyawarah wilayah ke X, bapak Andi Amran Sulaiman cukup menarik simpatik para peserta,Salah satu sempat kami wawancarai Arfandi sangat menginsiparasi semua pemaparan beliau,tentunya kami generasi muda harus lebih banyak memberikan tenaga demi kemajuaan bangsa ini ujarnya.

(Laporan : Muhammad Yusuf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.