Otriwandi Berikan Honorarium Kepeda Santri Asli Anak Nagari Menjadi Penceramah Bulan Ramadhan

SIJUNJUNG, JAPIKNEWS.COM – Wali Nagari Bual, Kecamatan Koto VII Otriwandi,S.Pd adakan acara berbuka puasa bersama pemuka masyarakat, Selasa (26/4/2022). Kegiatan itu dalam rangka meningkatkan silaturahmi dengan mengambil momen Ramadhan, karena bulan Ramadhan disebut juga dengan bulan silaturahmi dan bulan ampunan.

Otriwandi dalam kata sambutannya mengatakan, terlaksananya kegiatan acara buka bersama ini atas kerjasama antara Walinagari BPN, Lembaga dan Kader Nagari Bukit Bual. Tujuan dari acara berbuka puasa bersama ini dalam rangka meningkatkan Ukhwah Islamiyah, antara pemerintahan nagari dengan pemuka mesyarakat, karena dengan pertemuan dan silaturahmi, bisa saling mengisi, antara satu sama lain serta menjaga persatuan antar lembaga masyarakat Nagari Bual.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, masyarakat diminta memberikan masukan kepada Pemerintahan Nagari, terhadap pembangunan yang dibutuhkan, sehingga pemerintahan nagari bersama dengan BPN, bisa membuat program terhadap yang dibutuhkan masyarakat untuk kepentingan umum.

“Mari momentum ini kita jalin ukhuwah persatuan dan kesatuan untuk pembnagunan nagari demi kemaslahatan bersama. Jadi pembangunan itu diharapkan idenya tumbuh dari bawah, sehingga menyambung apa yang dibuat pemerintah dengan keinginan masyarakat,” ujarnya

Sebelum acara ditutup usai berbuka puasa dan solat berjamaah di SKB Nagari Bukit Bual yang berjumlah 170 warga mengikuti buka bersama. Otriwandi, S.Pd yang juga Wakil Ketua PCNU Kabupaten Sijunjung Periode 2022-2027 menjelaskan sebagai umat Islam, kita selalu diingatkan supaya selalu bersyukur setiap mendapatkan nikmat Allah SWT, karena janji Allah siapa orang yang pandai bersyukur akan ditambah nikmat kepadanya.

“Sebaliknya, siapa orang yang tidak pandai bersyukur, Allah SWT, juga mengancam bahwa azabnya sangat pedih, artinya, kalau kita pandai bersyukur bisa jadi kita merasa sempit daalam kehidupan ini,” ujar Wakil Ketua PCNU Sijunjung

Ditambahkannya, pada bulan Ramadhan 1443 H pemerintah nagari membuat program tim Turba Ramadhan yang mengjungi setiap surau di Nagari Bukit Bual dan memberikan bantuan. Bahkan yang lebih pada tahun ini memakai penceramah atau pendakwah dari putra putri asli anak Nagari Bukit Bual yang sedang belajar di Pondok Pesantren.

“Alhamdulillah program Turba Ramadhan telah terlaksana mengunjungi surau surau di nagari, dan pemerintah bisa sedikit memberikan sumbangsih. Namun kali ini sangat berbeda pengisian ceramah ramadhan diisi pada tim kali ini dari putra dan putri asli anak nagari yang sedang menimbah ilmu di Pondok Pesantren, umumnya mereka nyantri di Ponpes Malalo” paparnya

Mengakhiri sambutan dan sekaligus menutupi agenda buka bersama dengan mengucapkan “Wallahul muwafiq Illa Aqwamitoriq” Otriwandi memberikan apresiasi kepada para putra putri yang sudah membantu pemerintah dalam menyiarkan bulan penuh keberkahan ini dengan mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan di Pondok Pesantren. Dengan itu oemerintahan nagari memberikan honorarium untuk para santri tersebut.

“Dengan mengucapka Wallahul Muwafiq illa Aqwamitoriq, acara ini saya tutup dan saya ucapkan terima kasih tak terhingga kepada para santri tang telah memberikan ilmunya pada agenda Turba Ramadhan. Dengan itu kami memberikan honorarium sebagai wujud syukur kami bahwa putra putri anak nagari kami bisa memberikan manfaat untuk masyarakat dalam ilmu ubudiah di bulan penuh keberkahan ini” pungkasnya. (Zaki)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.