India mencatat lebih dari 4.000 kematian akibat COVID-19 setiap hari

  • Whatsapp
India mencatat lebih dari 4.000 kematian akibat COVID-19 setiap hari
Di atas, polisi berdiri di samping mayat yang dikuburkan di kuburan dangkal di tepi sungai Gangga di Prayagraj. Jumlah kematian akibat virus korona di India sekarang mencapai 270.000. (AP)

JAPIKnews.COM – BENGALURU: India melaporkan kenaikan yang lebih kecil dalam kasus COVID-19 harian untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Minggu, tetapi jumlah kematian dalam 24 jam lebih tinggi dari 4.000, menjadikan jumlah kematian di negara itu menjadi 270.000.

Kematian tumbuh 4.077, sementara infeksi naik 311.170 – kenaikan terkecil dalam kasus harian dalam lebih dari tiga minggu, data kementerian kesehatan menunjukkan pada hari Minggu. Total infeksi telah meningkat lebih dari 2 juta minggu ini dan kematian hampir 28.000.

Gelombang infeksi kedua besar di India dimulai pada bulan Februari, membuat rumah sakit dan pekerja medis berada di bawah tekanan. Kasus terus menurun di negara bagian yang dilanda gelombang awal infeksi, seperti negara bagian terkaya di Maharastra dan negara bagian utara Delhi, setelah mereka memberlakukan penguncian yang ketat.

Pejabat kesehatan federal mengatakan pada hari Sabtu bahwa tingkat keseluruhan kasus positif per tes turun menjadi 19,8 persen minggu ini dari 21,9 persen minggu lalu, memicu harapan bahwa infeksi harian mulai stabil.

Tapi lonjakan terlihat di negara bagian seperti Tamil Nadu di selatan dan daerah pedesaan. Perdana Menteri Narendra Modi pada hari Sabtu meminta para pejabat untuk memperkuat sumber daya perawatan kesehatan di daerah pedesaan dan meningkatkan pengawasan ketika virus menyebar dengan cepat di daerah-daerah tersebut setelah melanda kota-kota.

Mayat korban COVID-19 telah ditemukan dibuang di beberapa sungai India, menurut surat pemerintah negara bagian yang dilihat oleh Reuters, dalam pengakuan resmi pertama dari praktik yang mengkhawatirkan tersebut.

Negara penghasil vaksin terbesar di dunia telah memvaksinasi penuh lebih dari 40,4 juta, atau hanya 2,9 persen, dari 1,35 miliar penduduknya pada hari Minggu, menurut data dari portal Co-WIN pemerintah.

India akan memiliki 516 juta dosis vaksin COVID-19 pada Juli, kata Menteri Kesehatan Harsh Vardhan pada hari Sabtu.
Penghitungan infeksi di negara Asia Selatan mencapai 24,68 juta. AN

Editor: Erank

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *