Video Imunoterapi : Inovasi Perawatan Kesehatan yang Bisa Mengubah Masa Depan

  • Whatsapp

JAPIKnews.com – Pengobatan dengan potensi yang secara signifikan memperpanjang kelangsungan hidup bagi pasien kanker, tanpa efek samping negatif dan biaya perawatan kesehatan terkait kemoterapi tradisional. Ini memberikan kesempatan bagi pengembangan kelas baru obat yang memperkuat kemampuan tubuh untuk menghasilkan respon imun.

Imunoterapi adalah jenis pengobatan yang mendorong kerja sistem imun atau kekebalan tubuh agar lebih efektif dalam melawan penyakit, termasuk kanker. Pengobatan ini dapat diberikan lewat infus, obat minum, krim oles, atau disuntikkan langsung ke kandung kemih penderita kanker.

Imunoterapi dikatakan dapat memperlambat, menghentikan perkembangan sel kanker, serta mencegahnya menyebar ke organ lain. Sejumlah jenis kanker, seperti kanker kulit, paru, ginjal, kandung kemih, dan limfoma, telah terbukti dapat ditangani dengan imunoterapi. Beberapa jenis kanker stadium lanjut, seperti kanker serviks stadium 4, juga terkadang dapat diberikan penanganan dengan imunoterapi.

Salah satu alasan yang membuat sel kanker sulit ditangani adalah karena sistem imun terkadang tidak dapat mengenalinya sebagai benda asing. Beberapa sel kanker sangat mirip dengan sel normal, sehingga sistem imun tidak menyerangnya.

Meskipun sistem imun dapat mengenali sel kanker, responsnya terkadang tidak cukup kuat untuk dapat membasminya. Apalagi, perkembangan sel kanker sangat cepat dan tidak terkontrol.

Pengobatan dengan imunoterapi dilakukan agar sistem imun lebih cerdas mengenali sel kanker serta memperkuat respons sistem imun terhadap sel kanker, sehingga perkembangan sel-sel yang ganas dapat diperlambat, bahkan dihentikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *