Hari Gizi Nasional Tahun 2023 Ini Tanggapan Ketua Umum Jaringan Peduli Kesehatan

JAPIKNEWS.COM – Hari Gizi Nasional (HGN) diperingati pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya.

Tahun ini, peringatan Hari Gizi Nasional jatuh pada Rabu (25/1/2023).

Peringatan HGN ke 63 Tahun 2023 mengangkat Tema “Protein Hewani Cegah Stunting” dengan Slogan “Protein Hewani Setiap Makan” dan “Isi Piringku Kaya Protein Hewani”.

HGN ini merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan, sehingga dapat turut mendorong pencapaian RPJMN bidang kesehatan.

Sebagai informasi tambahan, angka stunting di Indonesia masih tinggi yaitu 24,4 persen (SSGI 2021), walaupun terjadi penurunan dari tahun sebelumnya yaitu 27,7 persen (SSGI 2019) namun masih butuh upaya untuk mencapai target penurunan stunting pada tahun 2024 sebesar 14 persen.

Ketua Umum Japik Indonesia dr Andi Sulfian Syam Mengatakan pentingnya terus memberikan edukasi kepada masyarkat akan pentingnya pemberian gizi yang baik sehingga kita mampu mengurangi terjadinya stunting pada masyarkat,olehnya itu peran aktif organisasi dan lembaga serta pemerintah sangat penting.

Namun terlepas dari tema peringatan, perayaan Hari Gizi Nasional 2023 memiliki tujuan untuk mengkampanyekan perjuangan menuju Indonesia sehat dan bebas dari kekurangan gizi kronis (stunting) ucap dokter fian.

(LAPORAN :MUH YUSUF)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *