Gerakan Peduli Penderita Gangguan Jiwa Puskesmas Tarowang

Japiknews.com – Jeneponto – Pengelola Program Kesehatan Jiwa Puskesmas Tarowang, Suardi Hartono, S.Kep,Ns. telah melakukan inovasi dengan bentuk kepedulian terhadap penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Setelah petugas tersebut melakukan pengkajian terhadap pasien dan keluarganya, ditemukanlah sebuah problem dasar sehingga penderita ODGJ tidak berobat dan/atau putus obat yaitu keterbatasan biaya, sehingga Suardi Hartono mengambil inisiatif untuk mengusulkan kepada Kepala Puskesmas Tarowang memfasilitasi penderita ODGJ untuk berobat ke RSUD Lanto Dg Pasewang tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun.

Biaya transportasi ditanggung oleh Puskesmas Tarowang dan biaya makan ditanggung oleh Pengelola Jiwa Puskesmas Tarowang Suardi Hartono, S.Kep.,Ns.
Pasien dan 1 orang keluarga yang mendampingi dijemput di rumah masing-masing, diantar berobat di Poli Jiwa RSUD Lanto Dg Pasewang dan diantar langsung kembali ke rumah masing-masing sambil memberikan edukasi kepada pasien dan keluarganya untuk rutin berobat.

Semoga kegiatan ini terus berlanjut untuk menekan angka putus obat dan/atau keengganan berobat karena faktor biaya ujar Suardi Hartono

(Laporan : Muhammad Yusuf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.