Dihadiri Wabup Iraddatillah, Acara “Kotik Ramadhan” di Nagari Aie Angek Berjalan Meriah

SIJUNJUNG, JAPIKNEWS.COM – Arakan yang begitu panjang di iringi alat musik talempong berbunyi saling sahut menyahut dan penampilan silek yang memukau menambah meriah acara Kotik Ramadan.

Arakan tersebut di mulai dari simpang jalan Kantor Wali Nagari Aie Angek Kecamatan Sijunjung menuju rumah Gadang Melayu, pada Selasa (10/5/2022).

Kegiatan Kotik Ramadhan ini dihadiri Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah beserta Ketua GOW Ny. Dona Iraddatillah.

Turut hadir juga Anggota DPRD, Delfirman dan Desriwan, Ketua Baznas, Hidayatullah, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Puji Basuki, Kadis Pertanian, Ronaldi, Plt. Kadis PUPR, Sarwo Edi, Bagian Kesra, Amrizal dan Syafriwandi, Plt Kabag PKP, Khaidir Ali Daulay, Camat Sijunjung Adri dan Forkopincam serta para undangan lainnya.

Wabup Iraddatillah menyampaikan permohonan maaf Bupati Benny Dwifa Yuswir tidak bisa hadir bersama kita karena dengan waktu yang sama Bupati menghadiri acara warga Kabupaten Sijunjung di Air Molek.

Dalam sambutan Wabup juga memberikan Apresiasi dan bangga kepada Pemerintah Nagari Aie Angek karena memberikan perhatian terhadap sektor Agama.

“Jadikan acara ini untuk meningkatkan silaturahmi antar sesama masyarakat baik yang ada di kampung maupun para perantau yang pulang. Kalau silaturahmi terjalin dengan baik maka persatuan dan kesatuan akan terbentuk pula dan itulah modal utama kita untuk membawa percepatan pembangunan Nagari Aie Angek,” pesan Wabup.

Tekad kita, lanjut Wabup, adalah memberikan terbaik untuk Kabupaten Sijunjung maka kita harus saling bekerja sama apalagi para perantau yang banyak pulang kampung agar dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat.

“Tantangan yang dihadapi saat ini sangat luar biasa begitu berat dengan segala ketebatasan baik itu anggaran maupun keterbatasan personil. Maka dengan adanya segala keterbatasan tersebut kita akan tetap membuktikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Ranah Lansek Manih,” ujar Wabup.

Wali Nagari Aie Angek Asrial, dalam sambutan mengatakan acara Kotik Ramadhan saat ini dari suku Melayu bisa jadi ditahun besok di suku piliang. karena pergantian Kotik digulir setiap suku yang ada di Aie Angek.

“Acara Kotik Ramadhan merupakan acara persiapan pergantian Kotik untuk Masjid Akbar Nagari Aie Angek karena masa yang menjabat sekarang sudah habis. hanya tiga tahun setelah itu diganti. saat ini di jabat oleh Akmal di Suku Melayu,” ungkap Asrial

Sementara laporan panitia pelaksana Nopebri Harianto mengatakan terlaksananya acara Kotik Ramadhan adalah sumbangan dari Anggota DPRD, warga Aie Angek, para perantau Aie Angek, tokoh masyarakat dan mamak suku melayu.

“Alhamdulikah, total sumbangan yang telah terkumpul untuk pelaksanaan acara Kotik Ramadhan adalah sebesar Rp20 juta,” terang Nopebri.

Selaku Panitia Pelaksana Nopebri mengucapkan terimakasih atas bantuan baik materi maupun moril sehingga kita bisa melaksanakan acara ini dengan baik. mudah-mudahan dengan adanya kebersamaan ini menjadikan Nagari Aie Angek semakin maju.

Di akhir sambutan Wabup Iraddatillah juga menyerahkan bantuan untuk acara Kotik Ramadhan sebesar Rp1.500.000, di selah bantuan tersebut Wabup mengatakan bantuan bukan masalah banyaknya tapi adanya saling peduli di antara kita.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penampilan kesenian anak mudo yaitu silek dari anak nagari Aie Angek dan ikut juga para perantau, sebelum naik rumah gadang juga di lanjutkan dengan pantun adat. (PKP/Zaki)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.