Covid 19 Mengalihkan Program Pencegahan Stunting di Indonesia

  • Whatsapp

Japiknews.com – Jeneponto – Novel Coronavirus (2019-nCoV) adalah virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. saat ini Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) masih menjadi perhatian Pemerintah Indonesia untuk terus melakukan pencegahan penyebarannya. karena penyebaran kasus Covid-19 telah menyebar keseluruh penjuru dunia termasuk Negara-negara di  ASIA Tenggara. Dilansir dari Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) Berdasarkan data yang masuk hingga Selasa pukul 12.00 WIB, total ada 102.051 kasus Covid-19, terhitung sejak diumumkannya kasus pertama pada 2 Maret 2020. (Kompas.com)

Namun Wabah Covid 19 seakan akan menjanggal program program pencegahan stunting di Indonesia yang dimana program pencegahan stunting sebelum pandemik covid 19 datang menjadi pusat perhatian Pemerintah, berdasarkan data Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo menargetkan penurunan stunting di angka 14% di tahun 2024. Namun demikian, target tersebut terganjal pandemi Covid-19 yang berdampak hampir di semua lini kehidupan.

Bacaan Lainnya

Dirjen Gizi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Dr Dhian Dipo menjelaskan, pandemi Covid-19 adalah hal yang seharusnya membuat masyarakat kita belajar menerapkan kebiasaan hidup bersih. Namun, secara keseluruhan pandemi juga tidak boleh membuat pemerintah abai akan target penurunan stunting. Karena itu, pelayanan dari pemerintah untuk menangani stunting masih terus berjalan meski dengan beberapa ketentuan. Seperti intervensi di kegiatan Posyandu contohnya. (Liputan6.com)

Karena program pencegahan stunting di Indonesia adalah program yang penting untuk dijalankan untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa yang berkualitas, maka kami dari JAPIK Cabang Jeneponto berharap kepada seluruh stekholder Pemerintah agar tetap dapat menjalankan program pencegahan stunting  dengan maksimal meskipun wabah covid 19 ini masih menjadi persoalan utaman di negeri ini/Hardianto Haris (Ketua Japik Cab Jeneponto)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *