Aspek Etika dan Hukum Kesehatan

  • Whatsapp
Aspek Etika dan Hukum Kesehatan
dr.Sulfian Syam (wakil ketua pdui sulsel)

ASPEK ETIKA DAN HUKUM KESEHATAN
Oleh: dr.Sulfian Syam.S.Ked
Wakil Ketua PDUI Sulsel

Saat ini dapat dilihat semua bidang kehidupan masyarakat sudah terjamah aspek hukum. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya manusia mempunyai hasrat untuk hidup teratur.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi keteraturan bagi seseorang belum tentu sama dengan keteraturan bagi orang lain, oleh karena itu diperlukan kaidah-kaidah yang mengatur hubungan antar manusia melalui keserasian antara ketertiban dan landasan hukum.

Suatu norma hukum biasanya dirumuskan dalam bentuk perilaku yang dilarang dengan mendapat sanksi apabila larangan tersebut dilanggar. 

Norma hukum ada yang tertulis dan ada pula yang tidak tertulis. Hukum tertulis biasanya disamakan dengan peraturan perundang undangan.

Hukum kesehatan merupakan suatu bidang spesialisasi ilmu hukum yang relatif masih baru di Indonesia. Hukum kesehatan mencakup segala peraturan dan aturan yang secara langsung berkaitan dengan pemeliharaan dan perawatan kesehatan yang terancam atau kesehatan yang rusak.

Hukum kesehatan mencakup penerapan hukum perdata dan hukum pidana yang berkaitan dengan hubungan hukum dalam pelayanan kesehatan.

diindoneia hukum kesehatan berkembang seiring dengan dinamika kehidupan manusia,dia lebih banyak mengatur hubungan hukum hukum dan pelayanan kesehatan dan lebih spesifik lagi hukum kesehatan mengatur antara pelayayan kesehatan dokter,rumah sakit,puskesmas dan tenaga kesehatan lain dengan pasien.

undang undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan,hukum kesehatan di indonesia diharapkan lebih lentur,fleksibel dan dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kedokteran.salah satu tujuan dari hukum dan kode etik kesehatan adalah melindungi untuk melindungi kepentingan pasien disamping mengembangkan kualitas profesi dokter atau tenaga kesehatan.

Dalam melakukan tugasnya dokter dan tenaga kesehatan harus mematuhi segala aspek hukum dalam kesehatan. Kesalahan dalam melaksanakan profesi kedokteran merupakan masalah penting, karena membawa akibat yang berat, terutama akan merusak kepercayaan masyarakat terhadap profesi kesehatan.

Suatu kesalahan dalam melakukan profesi dapat disebabkan karena. Kekurangan pengetahuan, pengalaman, pengertian. Ketiga faktor tersebut menyebabkan kesalahan dalam mengambil keputusan atau penilaian.

Semoga materi ini bisa menjadi referensi teman profesi kesehatan dalam menjalankan tugas pelayanan kesehatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Harus memberi informasi tentang hukum kesehatan,krn masih banyak teman tenaga kesehatan terjebak dan dilematis ketika melakukan tindakan pelayanan kesehatan.materi ini memberi informasi buat saya.