Apa Saja Gejala Depresi yang Perlu Diketahui Oleh Masyarakat

JAPIKNEWS.com – Tak dipungkiri sepanjang pandemi Covid-19, depresi mengintai banyak orang di seluruh dunia. Kondisi gangguan kesehatan mental ini bisa memengaruhi siapa saja. Lantas, apa saja gejala depresi yang perlu kita ketahui? Gangguan depresi dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia, ras dan kelas sosial ekonomi.

Dilansir dari Live Science, pengertian depresi adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan sedih, terasing dan putus asa yang memengaruhi cara seseorang berpikir dan merasakan.

Depresi dan perasaan sedih adalah dua hal yang bisa berbeda, namun juga bisa berkaitan. Kesedihan, kesepian dan kenestapaan adalah sesuatu yang normal yang dialami manusia. Sementara depresi adalah kondisi kesehatan yang dapat didiagnosis yang berpotensi mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang secara signifikan dan bahkan bisa memicu pikiran untuk bunuh diri.

Menurut American Psychiatric Association, orang dengan depresi mungkin akan mengalami beberapa gejala, namun yang paling umum adalah perasaan sedih mendalam atau kehilangan minat atau kesenangan yang nyata dalam aktivitas sehari-hari.

Berikut kenali apa saja gejala depresi yang harus diwaspadai. Iritabilitas, agitasi atau kegelisahan Gairah seks rendah Sulit fokus, berkonsentrasi atau membuat keputusan Insomnia atau terlalu banyak tidur Perubahan nafsu makan dan/atau berat badan Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit Kelelahan dan kekurangan energi Mantra menangis yang tidak bisa dijelaskan Merasa putus asa atau tidak berharga Menarik diri dari situasi sosial dan aktivitas normal Pikiran tentang kematian atau bunuh diri Terkadang, orang depresi juga menunjukkan gejala fisik yang tidak dapat dijelaskan, seperti sakit kepala atau nyeri tubuh.

Depresi juga merupakan masalah utama yang sering dialami populasi remaja. Diperkirakan 4,1 juta remaja di Amerika Serikat, berusia 12-17 tahun mengalami setidaknya satu episode depresi berat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *